5 Cara Merawat Kulit untuk Pria

Cara Merawat Kulit Pria | Merawat kulit bisa dikatakan hal yang jarang dilakukan oleh seorang pria. Berbagai faktor mengapa pria jarang merawat kulit. Beberapa faktor penyebab pria jarang merawat kulit seperti sibuknya aktifitas, malas, dan yang paling utama adalah takut diejek oleh teman. Mengapa demikian ? Pria yang memperhatikan penampilan pada zaman sekarang ini identik dengan gaya, padahal untuk merawat kulit tidak perlu memikirkan perkataan orang lain atau mendengarkan komentar negatif karena merawat diri itu perlu dan sangat baik bila dilakukan, itu berarti kita menghargai anugerah yang ada pada diri kita. Perlu diketahui sebetulnya kulit pria itu lebih rentan daripada kulit wanita, karena pria lebih sering berada diluar ruangan dibandingkan wanita. Jadi, merawat kulit itu sudah seharusnya dilakukan.


Cara Merawat Kulit Pria


Merawat kulit merupakan bagian dari kesehatan baik pria atau wanita. Jadi rawatlah kulit Anda agar tetap sehat. Berikut ini merupakan cara merawat kulit untuk pria :

1. Cara Mengatasi Kulit Iritasi Setelah Bercukur


Bercukur dapat menyebabkan kulit iritasi. Goresan dari pisau cukur saat mencukur kumis atau jenggot terkadang mengakibatkan luka pada kulit. Jika kulit Anda iritasi setelah bercukur Anda dapat menggunakan ampas teh, irisan mentimun atau campuran madu dan oatmeal. Anda basahi terlebih dahulu salah satu bahan yang Anda pilihpas teh, mentimun, madu atau oatmeal), kemudian tempelkan di kulit Anda yang iritasi.

2. Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Tersebab Sengatan Matahari


Aktifitas diluar ruangan sangat rentan membuat kulit terbakar, apalagi jika berada dibawah sinar matahari dalam waktu yang lama, kulit akan menjadi kusam dan warna kulit tidak merata atau belang. Jika kulit anda terbakar oleh sengatan matahari atau sinar UV Anda dapat mengkompres bagian kulit yang tersengat dengan air yang sejuk (bukan air es). Untuk menghilangkan warna kemerah-merahan pada kulit, Anda dapat menggunakan kain yang direndam air dengan campuran baking soda, kemudian Anda oleskan pada bagian kulit yang kemerah-merahan tersebut. Anda juga dapat menggunakan ampas teh dan bahan alami lainnya seperti cara diatas.

3. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol


Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi alkohol dapat memicu rosasea ?. Rosasea adalah kemerahan pada kulit wajah, dimana kondisi kulit seperti jerawat. Jika anda mengalami rosasea maka Anda membutuhkan perhatian dari dokter kulit serta resep khusus.

4. Mengurangi Makan Pedas


Menyantap makanan yang pedas tentunya banyak disukai oleh pria karena akan membuat nafsu makan meningkat. Tapi pernahkah anda setelah menyantap makan yang pedas timbul bercak merah di pipi, hidung, atau dahi ?. Ini merupakan gejala rosasea. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi menyantap makanan yang pedas dari sekarang. Selain dapat mengurangi resiko terjadinya rosasea, mengurangi menyantap makanan pedas juga akan meminimalisir resiko bau badan yang sering dialami pria.

5. Cuci Muka dengan Sabun untuk Mencegah Jerawat


Pilihlah sabun cuci muka yang memiliki benzoyl-peroxide berkadar 5%. Cuci muka Anda minimal sehari 2 kali, sebelum beraktifitas dan sebelum tidur. Mencuci muka sebelum beraktifitas akan membuat wajah Anda lebih segar sedangkan mencuci muka setelah beraktifitas akan menghilangkan kotoran yang menempel di kulit wajah dan pori-pori setelah beraktifitas. Mencuci muka dapat mengecilkan resiko tumbulnya jerawat pada kulit wajah Anda.

Bagaimana, sekarang Anda sudah tahu mengenai cara-cara merawat kulit ?. Jadi rawatlah kulit Anda dari sekarang. :)


Baca juga artikel sebelumnya cara mencerahkan kulit dengan kojiesan
Previous
Next Post »